Kamis, 30 Desember 2010

New Media dan Pemasaran : e-paper


e-paper merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yang merambah ke dunia pemasaran , e-paper adalah Koran digital hasil revolusi Koran tradisional mass media. Naskah koran yang diterbitkan di internet merupakan hal biasa pada saat ini. Menyaksikan   koran   dalam tampilan   cetaknya   di   dunia   maya   secara utuh halaman per halaman adalah hal baru. Inilah yang disebut koran digital (e- paper).   Koran    digital  ini  mengadopsi    Portable  Document      Format   (PDF)   yang dikembangkan   Adobe   System1,   sehingga   tampilannya   sama   persis   dengan   versi cetak. Bedanya, Koran digital hanya bisa diakses melalui internet dengan alamat yang     sudah   disesuaikan     oleh   masing      masing     pengusaha    koran    digital. Perusahaan   yang   menangani   digitalisasi   Koran     ini   di   indonesia   sebagian   besar dilakukan oleh Softpress.
Kontan merupakan media cetak pertama di Indonesia yang punya edisi digital, dilanjutan Harian Kompas, suara pembaruan, dan koran lokal lainnya. Bermetamorfosanya koran cetak menjadi sebuah koran  digital, akan memberi peluang memasuki dunia baru  dalam bisnis online yang disebut New Media atau media baru. Media baru itu, antara lain, berita-berita online, blog, podcast, streaming video, dan social network (jejaring sosial). Dimana interaksi antara individu semakin berkembang dan memperoleh informasi semakin dimudahkan.
Dari segi financial, bisnis koran digital cukup menjanjikan. Bagi orang orang awam pasti berpikir  bahwa bagaimana mungkin mendapatkan keuntungan dari memasarkan produk lewat dunia maya? Tapi bagi pihak yang berpengalaman berjelajah di duia maya, bisnis e – paper cukup menjanjikan. Koran digital akan mendapatkan keuntungan melalui iklan, dimana Bagi pemasang iklan akan dimanjakan lantaran iklan bisa diklik dan ditampilkan pada halaman tersendiri. Dan juga dari segi pemasaran, koran digital yang dipasarkan melalui media internet membuat pembaca koran dinegara manapun dan kapanpun dapat menikmati informasi dari koran digital tersebut.
Kesimpulan dari artikel ini, dengan adanya media baru dengan menggunakan e-paper memberikan suatu kepuasan tersendiri bagi para pencari berita untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun serta memberikan keuntungan yang lain untuk para advertiser memasarkan produk mereka dengan mudah. Dan yang pasti dengan adanya koran versi digital ini bisa mengurangi penggunaan kertas yang pada akhirnya menghemat pengeluaran akan kayu dan bisa meyelamatkan pohon dan bumi. 
sumber : kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar